LA M1 P3


1. Alat dan Bahan
[Kembali]
2.1 Alat
a.. Jumper
Gambar 1. Jumper


2.2 Bahan 
a. Keypad



b. LCD
b. Mikrokontroler



2. Dasar Teori [Kembali]
a. LCD
    LCD atau Liquid Crystal Display adalah suatu jenis media display (tampilan) yang menggunakan kristal cair (liquid crystal) untuk menghasilkan gambar yang terlihat. Teknologi Display LCD ini memungkinkan produk-produk elektronik dibuat menjadi jauh lebih tipis jika dibanding dengan teknologi Tabung Sinar Katoda (Cathode Ray Tube atau CRT). Jika dibandingkan dengan teknologi CRT, LCD juga jauh lebih hemat dalam mengkonsumsi daya karena LCD bekerja berdasarkan prinsip pemblokiran cahaya sedangkan CRT berdasarkan prinsip pemancaran cahaya. Namun LCD membutuhkan lampu backlight (cahaya latar belakang) sebagai cahaya pendukung karena LCD sendiri tidak memancarkan cahaya. Beberapa jenis backlight yang umum digunakan untuk LCD diantaranya adalah backlight CCFL (Cold cathode fluorescent lamps) dan backlight LED (Light-emitting diodes).



Gambar Penampang komponen penyusun LCD
Keterangan:
1. Film dengan polarizing filter vertical untuk memolarisasi cahaya yang masuk.
2. Glass substrate yang berisi kolom-kolom elektroda Indium tin oxide (ITO).
3. Twisted nematic liquid crystal (kristal cair dengan susunan terpilin).
4. Glass substrate yang berisi baris-baris elektroda Indium tin oxide (ITO).
5. Film dengan polarizing filter horizontal untuk memolarisasi cahaya yang masuk.
6. Reflektor cahaya untuk memantulkan cahaya yang masuk LCD kembali ke mata pengamat.

Sebuah citra dibentuk dengan mengombinasikan kondisi nyala dan mati dari pixel-pixel yang menyusun layar sebuah LCD. Pada umumnya LCD yang dijual di pasaran sudah memiliki integrated circuit tersendiri sehingga para pemakai dapat mengontrol tampilan LCD dengan mudah dengan menggunakan mikrokontroler untuk mengirimkan data melalui pin-pin input yang sudah tersedia.


Kaki-kaki yang terdapat pada LCD


b. Arduino

Arduino adalah kit elektronik atau papan rangkaian elektronik open source yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR dari perusahaan Atmel. Arduino yang kita gunakan dalam praktikum ini adalah Arduino Uno yang menggunakan chip AVR ATmega 328P. Dalam memprogram Arduino, kita bisa menggunakan komunikasi serial agar Arduino dapat berhubungan dengan komputer ataupun perangkat lain.

Adapun spesifikasi dari Arduino Uno ini adalah sebagai berikut :

 Arduino Uno


Bagian-bagian arduino uno:

-Power USB

Digunakan untuk menghubungkan Papan Arduino dengan komputer lewat koneksi USB.

-Power jack

Supply atau sumber listrik untuk Arduino dengan tipe Jack. Input DC 5 - 12 V.

-Crystal Oscillator

Kristal ini digunakan sebagai layaknya detak jantung pada Arduino. Jumlah cetak menunjukkan 16000 atau 16000 kHz, atau 16 MHz.

-Reset

Digunakan untuk mengulang program Arduino dari awal atau Reset.

-Digital Pins I / O

Papan Arduino UNO memiliki 14 Digital Pin. Berfungsi untuk memberikan nilai logika ( 0 atau 1 ). Pin berlabel " ~ " adalah pin-pin PWM ( Pulse Width Modulation ) yang dapat digunakan untuk menghasilkan PWM.

-Analog Pins

Papan Arduino UNO memiliki 6 pin analog A0 sampai A5. Digunakan untuk membaca sinyal atau sensor analog seperti sensor jarak, suhu dsb, dan mengubahnya menjadi nilai digital.

-LED Power Indicator

Lampu ini akan menyala dan menandakan Papan Arduino mendapatkan supply listrik dengan baik.

Bagian - bagian pendukung:

-RAM

RAM (Random Access Memory) adalah tempat penyimpanan sementara pada komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap, tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori atau acak. Secara umum ada 2 jenis RAM yaitu SRAM (Static Random Acces Memory) dan DRAM (Dynamic Random Acces Memory).

-ROM

ROM (Read-only Memory) adalah perangkat keras pada computer yang dapat menyimpan data secara permanen tanpa harus memperhatikan adanya sumber listrik. ROM terdiri dari Mask ROM, PROM, EPROM, EEPROM.

Block Diagram Mikrokontroler ATMega 328P pada Arduino UNO

Adapun block diagram mikrokontroler ATMega 328P dapat dilihat pada gambar berikut:


Block diagram dapat digunakan untuk memudahkan / memahami bagaimana kinerja dari mikrokontroler ATMega 328P.

Pin-pin ATMega 328P:

           
 Rangkaian Mikrokontroler ATMega 328P pada Arduino UNO



3. Rangkaian Simulasi [Kembali]


4. Prinsip Kerja Rangkaian [Kembali]

Percobaan yang dilakukan adalah menampilkan nama-nama anggota kelompok 18 praktikum mikroprosessor & mikrocontroller. Komponen yang digunakan adalah Arduino Uno, LCD, potensiometer, dan keypad. 

dengan menggunakan program  dibawah

#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi libary LCD

#include <Keypad.h> //Deklarasi library Keypad


const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris

const byte COLS = 3; //Deklarasi jumlah kolom

char keys[ROWS][COLS] = {

    {'1','2','3'},

    {'4','5','6'},

    {'7','8','9'},        //Inisialisasi keypad matriks 4x3

    {'*','0','#'}

};


byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris

byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom


//Inisialisasi Library dengan pin yang digunakan

LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);

Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );

void setup() {             //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali

  //Set baris dan kolom LCD

  Serial.begin(9600);

  lcd.begin(16,2);

}

void loop() {              //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang

char key = keypad.getKey();  //Membaca keypad


    if (key == '1') {  //Kondisi pilihan jika keypad ditekan

        lcd.print("vega");  //Menampilkan input dari keypad pada LCD

        Serial.println("vega");

    }

        if (key == '2') {  //Kondisi pilihan jika keypad ditekan

        lcd.print("tari");  //Menampilkan input dari keypad pada LCD

        Serial.println("tari");

    }

        if (key == '3') {  //Kondisi pilihan jika keypad ditekan

        lcd.print("hazby");  //Menampilkan input dari keypad pada LCD

        Serial.println("hazby");

    }

}


    Pada percobaan pin pada keypad dihungkan ke Arduino dengan baris ke pin 7 - 10 dan kolom ke pin 11 - 13. Sedangkan LCD di hubungkan ke pin A0 - A5 pada Arduino Uno.


    Pada listing program, pertama dimasukkan library untuk keypad dan LCD. lalu mendeklarasikan jumlah kolom dan baris, yaitu 3 dan 4, kemudian menginisialisasikan matriks keypad yaitu 4 x 3. Selanjutnya mendeklarasikan pin untuk baris dan kolom. Pada void loop, memakai percabangan yang apabila tombol keypad ditekan 1, maka nama yang akan ditampilkan adalah nama vega, jika ditekan nomor 2, yang ditampilkan nama Tari, jika 3, yang ditampilkan nama hazby.


5. Video Rangkaian [Kembali]






6. Analisa [Kembali]
Percobaan 3 tentang LCD
1. Apa sintaks yang digunakan untuk menampilkan hasil keypad pada serial monitor Arduino Ide? Tuliskan sintaks tersebut dan analisis jika sintaks tersebut dihapus, apakah akan mempengaruhi output yang diinginkan atau dihasilkan atau bagaimana
Jawab :
pada percobaan yang dilakukan ,sintaks yang digunakan unruk menampilkan keypad pada serial monitor IDE adalah Serial.begin() dan serial.print(key). Dimana Serial.begin() berfungsi sebagai menentukan kecepatan dan penerimaan data dari port sedangkan Serial.print(key) menampilkan hasil keypad pada serial monitor IDE. jika kita menghapus bagian tersebut output atau hasil keypad yang diinginkan tidak akan muncul atau ditampilkan pada serial ide monitor dan lcd.

2. Tuliskan dan jelaskan sintaks yang digunakan untuk menampilkan nama kita saat menekan keypad! (Contoh : Saat menekan angka 1 maka akan muncul  nama “tari”. Jadi, tuliskan dan jelaskan sintaks dan cara kerjanya).
Jawab:
pada percobaan yang dilakukan kita hanya perlu mengubah bagian sintaks if dan serial.printly nya menjadi if(key='1'); dan serial.printly(tari) maka saat program diupload ke arduino uno ,keypad yang terhubung ke arduino akan menampilkan sesuai dengan kondisi yang diinginkan,Sintaks if dipanggil jika kondisi sesuai atau benar dan serial.printly nya yang akan menampilkan kondisi yang di panggil tersebut sehingga pada saat kita tekan angka 1 pada keypad maka akan muncul nama tari di LCD dan serial Monitor IDE.

3. Apa fungsi sintaks Serial.begin (9600) pada program? Apa maksud angka 9600 pada sintaks tersebut?
Jawab:
Serial.begin(9600) merupakan suatu sintaks dalam menentukan kecepatan dan penerimaan data melalui port serial atau bisa dikatakn perintah yang mendeklariskan kecepatan transfer data. angka 9600 pada serial.begin(9600) berarti kecepatan penerimaan data sebesar 9600 bps(bit per second),kecepatan 9600 inilah yang biasa digunakan pada arduino. Namun, kecepatan transfer  data arduino sendiri bisa mencapai 11.206 bps(bit per second)


7. Link Download [Kembali]

Download HTML [Klik disini]
Download Video Simulasi [Klik disini]
Download Listing Program [Klik disini]
Download Datasheet Keypad [klik disini]
Download Datasheet LCD [klik disini]
Download Datasheet Arduino UNO [klik disini]
Download Library Arduino UNO [klik disini] 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ARITMATIK ( KONTROL KEAMANAN RUMAH) [KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI 1. Tujuan 2. Alat dan Bahan 3. Dasar Teori 4. Percobaan   5. Vid...